Press "Enter" to skip to content

Mudahnya Mengelola Situs Web Dengan FTP Di Android

Mengelola Situs Web Dengan FTP di Android

File Transfer Protocol (FTP) kini telah tersedia di semua sistem operasi termasuk Android dan iOS. FTP ialah protokol yang standar untuk pengiriman dan menerima berkas antar komputer dan server dalam sebuah jaringan.

Banyak aplikasi Android an iOS yang sudah menyediakan fitur FTP untuk mengirim dan menerima berkas. Salah satu aplikasi yang mendukung FTP adalah File Manager.

FTP juga dapat digunakan untuk keperluan khusus seperti mengelola situs web. Dengan FTP, Anda bisa mengelola back-end situs web dari ponsel di genggaman tangan, kapanpun dan dimanapun selama itu terhubung dengan internet.

FTP sangat diperlukan oleh pemilik situs web untuk mengubah, mengunggah, memindahkan, bahkan menghapus berkas. Jika Anda menggunakan komputer atau laptop, maka Anda perlu Software FTP Client pihak ke-3 yang dapat ditemukan di internet seperti Filezilla, Cyberduck, dan WinSCP.

Aplikasi FTP yang ada di ponsel dan komputer bisa digunakan untuk mengelola situs web, dan tentunya aman karena hampir semua pengembang aplikasi FTP client saat ini sudah dilengkapi dengan protokol FTPS dan SFTP, yaitu protokol FTP yang terenkripsi dan aman.

Bagaimana cara menggunakan FTP di ponsel untuk mengelola situs web?

Jika Anda pertama kali menggunakan FTP di ponsel, Anda harus memilih aplikasi FTP yang memiliki reputasi baik. Di Android, saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan File Manager+. Sedangkan di iOS, Anda dapat memilih FTPManager.

Selain itu, masih ada pilihan lain yang dapat Anda jadikan alternatif. Nah sekarang kita lanjut ke penggunaan FTP di ponsel
 

Mengelola Situs Web Dengan FTP Di Ponsel

1. Download aplikasi yang memiliki fitur FTP.

* pada tutorial ini saya menggunakan File Manager+
 

2. Klik menu Remote dan tambahkan lokasi remote.

Remote
 

3. Pilih protokol yang ingin Anda gunakan, FTP atau SFTP.
Protokol FTP
 

4. Isi rincian login FTP Anda.
Login
 

5. Klik Ok dan selesai.

FTP di Android

Anda sekarang bisa melihat seluruh berkas berupa file dan folder di web hosting. Anda juga bisa melakukan upload, download, edit, move, copy, dan remove file atau folder.

Untuk mengedit berkas di FTP, cara cukup muda. Anda hanya perlu mengkliknya dan teks editor akan terbuka dan Anda bisa merubah apapun.

Untuk upload, Anda cukup menyalin berkas dari penyeimpanan ponsel kemudian tempel di direktori situs web melalui FTP. Untuk mendownload berkass pun caranya sama, hanya kebalikannya saja.

Kemudahan ini tentunya sangat membantu pemilik situs web untuk mengelola situs web dari mana pun dan kapan pun.

Meski menggunakan FTP untuk mengelola situs web di Android tidak senyaman di komputer, tapi akan jadi sesuatu yang sangat penting apabila terjadi hal urgent, penanganan FTP di ponsel tentunya menjadi solusi yang paling efisien karena tidak harus membuka laptop atau menyalakan komputer.

Begitulah cara mengelola situs web dengan FTP di Android. Blog Sogellizer.web.id juga sering dikelola menggunakan FTP dari Android. Pasalnya, jika hanya ingin mengunggah, mengunduh, memindahkan atau menghapus berkas, lebih praktis dengan FTP di Android.

FYI: Selain untuk mengelola situs web, FTP juga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima berkas dari ponsel ke komputer atau sebaliknya. Bahkan, jika Anda menggunakan FTP, Anda tidak memerlukan memerlukan kabel data dan kecepatan salin atau pindah berkas yang dilakukan dengan FTP bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan transfer melalui kabel data.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.