Press "Enter" to skip to content

Download JCMS 9 Bahasa Indonesia + Panduan Install

Download JCMS Bahasa Indonesia

John Content Management System (JCMS) adalah script wap forum yang digunakan oleh banyak situs mobile di Rusia dan negara tetangganya. JCMS dikenal sebagai salah satu pengembang wap forum yang masih aktif hingga detik ini.

Seperti kebanyakan script wap forum lainnya, JCMS memiliki lisensi GNU GPL-3 yang artinya script mereka boleh dimodifikasi dan di distribusikan ulang. Hal itu diungkapkan secara jelas pada halaman situs resmi JCMS di https://johncms.com.

Pada JohnCMS 9 tim pengembang sudah menambahkan mutilanguage atau banyak bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Jadi Anda akan mudah untuk mengoperasikan situs wap forum nantinya. Selain itu, tampilannya pun sudah responsif yang otomatis menyesuaikan perangkat pengunjung.

Jika Anda berencana membangun situs wap forum yang mudah dikelola, unik, dan berbeda dari yang lain, maka JohnCMS wajib Anda pertimbangkan. CMS ini memiliki pengaturan admiinistrator yang sederhana, dan mudah dioperasikan dari browser ponsel.

Soal keamanan, JCMS bisa dibilang aman karena sangat rutin diperbarui oleh pengembangnya dan banyak wapmaster serta kontributor yang berpartisipasi untuk mengembangkan JCMS di GitHub dan forum JCMS.

Untuk mengunduh script JCMS ini Anda bisa langsung mengunjungi situs mereka atau dari halaman GitHub.

Oke tidak usah berbasa-basi lagi, kita langsung ke inti topik.
 

Download JCMS 9 Bahasa Indonesia + Panduan Install

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki web hosting yang cocok untuk JCMS. Ada beberapa persyaratan dasar yang wajib diaktifkan pada web hosting, seperti:

  • PHP 7.2 atau yang lebih baru
  • PHP PDO
  • Imagick atau GD
  • zlib
  • mbstring
  • fileinfo
  • MySQL 5.6.4 atau yang lebih baru
  • mysqlnd (MySQL Native Driver)
  • opcache
  • FFMPEG (opsional)

Selain syarat diatas, JCMS juga harus diinstall pada subdomain, bukan di subdirektori. Jika semua sudah lengkap, maka Anda bisa menginstall JohnCMS denga mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka kontrol panel web hosting Anda dan buat subdomain baru atau langsung menggunakan domain utama.

2. Buka File Manager dan upload script JohnCMS, lalu Ekstrak.

3. Buka domain atau subdomain Anda, maka Anda akan ditampilkan halaman untuk menginstall JCMS.

4. Pilih Bahasa Indonesia, lalu klik tombol Continue.

Install JCMS

5. Di step ini akan ada pemeriksaan fitur web hosting, seperti yang saya bilang sebelumnya, web hosting Anda harus mendukung semua syarat yang diminta oleh JCMS.

Checking

6. Klik lagi tombol Continue dan dilangkah ini Anda dapat mengisi kolom dengan rincian akun Database. Apabila ada suatu masalah pada database, atau web hosting Anda tidak memenuhi syarat, akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini.

Gagal Checking

Tetapi, pesan notifikasi tidak muncul apabila informasi database yang Anda input benar, atau web hosting Anda memenuhi syarat JCMS.

INFO: Jika Anda belum memiliki databasenya, buat terlebih dulu dari kontrol panel web hosting dengan memilih menu MySQL Database.

MySQL Database

Buat nama database serta usernya. Setelah keduanya dibuat, terakhir adalah menambahkan user ke database dengan memilik dan Add User To Database. Centang All Privileges dan klik Make Changes.

Add User To Database

7. Kembali ke tab install JCMS, klik Continue untuk melakukan koneksi database. Setelah berhasil Anda akan dibawa ke halaman pengaturan awal wap forum Anda. Isi informasi situs dan rincian administrator, jangan lupa untuk mencentang bagian Install demo data untuk mempermudah Anda yang baru pertama menggunakan JCMS.

Setting JCMS

8. Klik Continue lagi dan selesai, wap forum Anda kini sudah berhasil terinstall. Sekarang Anda dapat mengoperasikan seluruh wap forum dari dasbor Administrator.

Homepage

PENTING: Sesudah JohnCMS terinstall dengan sempurna, Anda harus menghapus folder install dari direktori web hosting. Ini harus dilakukan untuk menjaga keamanan wap forum Anda.

Remove Installation Folder

Dengan wap forum JohnCMS Anda bisa membuat komunitas, diskusi, berbagi file, dan lain sebagainya seperti kebanyakan forum-forum di internet.

Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.