Cara Simpan File Ke Google Drive Tanpa Upload

Multcloud

Semua orang mengetahui bahwa Google Drive adalah salah satu file hosting yang dapat menyimpan data hingga 15 GB secara gratis dan tanpa batasan waktu. Seluruh data seperti musik, video, gambar, hingga dokumen bisa di simpan ke Google Drive melalui cara upload manual.

Lalu bagaimana jika file yang ingin kita simpan berada di server lain di internet?
Apakah kita harus mendownload lalu mengupload ulang ke Google Drive?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini pernah melanda pikiran saya saat ingin menyimpan salah satu file video yang berukuran besar, sekitar 2 GB. Karena kuota yang tidak cukup untuk reupload ke akun Google Drive, akhirnya saya cari cara agar dapat memindahkannya ke Google Drive tanpa harus reupload.

Beruntung, di Google ada beberapa cara yang bisa dibilang 100% bermanfaat dan setelah saya coba sendiri ternyata benar-benar bisa memindahkan file dari situs file hosting Rapidvideo ke Google Drive dengan menggunakan layanan Multcloud.

Multcloud adalah penyedia layanan “Cloud Management” gratis yang berguna untuk mengelola seluruh akun file hosting dalam satu dasbor. Misalnya, kamu memiliki beberapa akun Google Drive dan ingin mengelola semuanya seperti copy, move, paste, rename, share, etc, itu bisa dilakukan di dalam dasbor Multcloud.
 

Multcloud File Management
Multcloud File Management

 
Selain mengelola akun file hosting, Multcloud juga memberikan fitur lainnya yang sangat saya sukai, yaitu Upload via URL (Remote Upload). Dengan fitur remote upload ini kita bisa mengupload file ke Google Drive tanpa reupload manual. Yang kita perlukan hanyalah direct link file yang ingin di upload.
 
Multcloud Remote Upload
Multcloud Remote Upload

 
Hanya dalam hitungan menit file yang kita upload menggunakan fitur Upload via URL tersebut akan muncul di dalam akun Google Drive milik kita. Inilah hal yang membuat saya menjadi semakin suka dengan Multcloud.

 
Bagaimana caranya?
 
Selain remote upload file, Multcloud juga bisa dimanfaatkan buat kamu yang gemar mendownload film dari internet, dengan syarat file tersebut berada di situs file hosting yang memiliki link langsung ke sumber media (direct link) seperti Rapidvideo, Wupload, Mediafire, dll.
 

Link File Rapidvideo
Link File Rapidvideo

 
Gambar diatas menunjukkan dimana direct link dari sebuah file bisa kita lihat dan salin untuk di remote upload. Untuk menguploadnya ke akun Google Drive kita cukup dengan menempelkan direct link tersebut ke kolom Upload via URL di Multcloud.
 
Upload Via URL Multcloud
Upload Via URL Multcloud

 
Tunggu proses upload hingga selesai, tergantung dari besarnya file yang diupload. Kalau file sudah berada di dalam Google Drive kita, itu bisa langsung dikelola, misalnya di download atau streaming. Yang pasti, speed download atau streaming akan menjadi lebih cepat berkali-kali lipat daripada download atau streaming di situs file hosting lain.
 
Proses Remote Upload Multcloud
Proses Remote Upload Multcloud

 
Multcloud ini bisa dibilang pengganti RDP (Remote Desktop Protocol) yang dapat mendownload dan mengupload file melalui remote upload tanpa menghabiskan kuota internet kita. Hanya saja ada batasan yang diberlakukan, yaitu anggota gratis Multcloud hanya dapat menggunakan 2 TB bandwidth (kuota untuk transfer) dan hanya dapat menggunakan satu task / proses upload atau transfer file.

Tapi tenang saja, bandwidth 2 TB sudah lebih dari cukup jika kamu hanya untuk remote upload file-file 1 GB ~ 2 GB. Hitungan kasarnya, 2 TB adalah 2000 GB jadi kamu bisa menggunakan fitur remote upload Multcloud sebanyak 2000 kali untuk file sebesar 1 GB. Tapi, kamu harus mengingat bahwa Google Drive hanya mampu menampung sebesar 15 GB di akun gratisnya.

Andaikata 2 TB bandwidth sudah kamu gunakan habis, namun kamu tidak ingin upgrade ke akun berbayar / premium, kamu bisa menutup akun yang sudah limit tersebut dan membuat akun Multcloud baru untuk mendapatkan 2 TB gratis lagi. Yay!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *