Press "Enter" to skip to content

Cara Sembunyikan Berkas di Android

Cara Sembunyikan Berkas di Android

Menyembunyikan berkas seperti foto, video, dan dokumen di Android bukanlah perkara sulit. Ada banyak aplikasi yang bisa di membatu untuk melakukan penyembuyian/hidden berkas yang bisa Anda unduh dari Playstore.

Hapir semua aplikasi File Manager dapat melakukan penyembuyian berkas. Sayangnya, banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana cara sembunyikan berkasi di Android dengan mudah dan aman. Lusinan aplikasi di Playstore diberi nama khusus seperti secret, private, dsb yang mana fungsinya menyembuyikan dengan sistem enkripsi.

Dengan berkas yang terenkripsi, tentu saja galeri Android atau penampil multimedia tidak dapat mendeteksi berkas Anda karena telah dirubah ektensinya. Hal ini cukup baik, tapi bisa menyebabkan berkas tidak bisa diakses bahkan terhapus saat aplikasi di uninstall dari perangkat atau jika Anda tidak melakukan backup ke cloud storage milik aplikasi dengan cara yang benar. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan aplikasi penyembunyi foto dan video yang ada di Playstore.

Alternatif dan untuk menghindari kehilangan berkas penting Anda, saya akan memberikan cara sembunyikan berkasi di Android yang lebih aman dan tidak memerlukan enkripsi, yang diperlukan hanyalah File Manager dengan kemampuan yang bisa melihat file dan folder tersembunyi.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer, CX File Explorer, atau File Manager+ yang mana aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur yang dibutuhkan untuk menyembunyikan berkas (termasuk file dan folder).

Seperti apa cara sembunyikan berkasi di Android dengan File Manager? Simak tutorialnya dibawah ini.
 

Cara Sembunyikan Berkas di Android Tanpa Aplikasi

1. Download salah satu aplikasi File Manager yang saya rekomendasikan diatas ke ponsel Anda.

Di tutorial ini saya menggunakan File Manager+ karena aplikasi lebih sederhana dan mudah dipahami.

2. Buat folder baru di dengan awalan tanda titik (.) misalnya .RAHASIA atau .PENTING.

Buat Folder

3. Setelah folder dibuat, jangan kaget jika folder tidak terlihat/hidden. Untuk bisa melihat folder tersebut, Anda harus mengaktifkan fitur “Tampilkan file tersembunyi” di File Manager.

Tampilkan atau Sembunyikan

Sesudah Anda mencentang Tampilkan file tersembunyi, maka seluruh folder dan file tersembunyi di Android akan tampil.

Folder Rahasia

4. Buka folder yang Anda buat dengan awalan tanda titik, kemudian buat lagi folder didalamnya. Anda boleh membuat folder dengan awalan tanda titik atau tanpa tanda titik.

5. Pindahkan berkas foto, video, dokumen, dll yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder tersebut.

Pindahkan Berkas

6. Periksa galeri ponsel Anda, apakah berkas foto dan video masih ada atau hilang. Jika hilang, Anda telah berhasil menyembunyikan berkas tersebut

Untuk memunculkan kembali berkas Anda di galeri ponsel, cukup dengan mengembalikannya ke folder asal, atau Anda bisa meletakkan sesuai jenis berkasnya. Berkas multimedia seperti foto, video, dan musik bisa diletakkan langsung di folder DCIM sedangkan berkas dokumen memiliki foldernya sendiri bernama Documents.

Anda juga dapat menonaktifkan fitur Tampilkan file tersembunyi di File Manager berjaga-jaga agar orang lain yang membuka File Manager ponsel Anda tidak menemukan folder tersembunyi.

FYI: Dalam tutorial ini sebenarnya hanya mengandalkan folder dengan awalan tanda titik. Sistem Android versi apapun secara otomatis akan menyembunyikan berkas yang berada di alam folder berawalan tanda titik karena umumnya folder berawalan tanda titik digunakan untuk sistem atau data penting.

Begitulah cara sembunyikan berkas di Android dengan aman dan tanpa harus menggunakan aplikasi enkripsi yang sewaktu-waktu bisa membahayakan berkas Anda.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.