Press "Enter" to skip to content

Cara Optimasi MacOS di VMware

Cara Optimasi MacOS

Jika Anda adalah pengguna VMware yang menjalankan MacOS, pasti akan menemui beberapa masalah umum saat pertama kali menggunakannya. Tak heran, sistem operasi buatan Apple ini memang dibuat bukan untuk perangkat selain pabrikan Apple Inc.

Masalah yang sering kali dialami pengguna MacOS di VMware ialah kinerja MacOS yang lambat/lemot.

Disini saya ingin berbagi cara optimasi MacOS di VMware yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performanya. Perlu diingat, MacOS yang dijalankan pada VMware adalah mesin sekunder yang artinya ia berjalan diatas Windows dan tidak terinstall permanen di hardisk. Anda harus memikirkan apakah laptop/pc Anda sanggup menjalankan kedua sistem operasi secara bersamaan, mengingat resource yang digunakan Windows dan MacOS cukup besar.

Saya anggap Anda sudah memahami secara penuh spesifikasi laptop/pc yang Anda gunakan. Untuk memastikan spesifikasi perangkat Anda mendukung atau tidak, silahkan baca artikel sebelumnya Cara Install MacOS di Laptop/PC.
 

Cara Mempercepat Kinerja macOS Di VMware

1. Beri Resource Lebih Untuk VMware

Cara mendapatkan kinerja terbaik MacOS di VMware adalah dengan memberinya resource yang lebih tinggi dari yang disarankan. Contohnya, jika sebelumnya Anda memberi RAM 4GB, cobalah untuk memberinya 8GB (laptop atau pc harus dengan RAM 16 GB atau lebih).

RAM Untuk VMware

Selain RAM ditingkatkan, Anda juga perlu memperhatikan penyimpanan/harddisk. MacOS yang dirancang untuk perangkat Apple menggunakan SSD (Solid State Drive), jadi Anda bisa menginstal VMware di SSD untuk menjalankan MacOS dengan performa terbaiknya. Pastikan Anda memberi ruang/disk space lebih tinggi dari rekomendasi, terutama partisi C di laptop/pc Anda.
 

2. Kecualikan Folder VMware dari Defender

Windows Defender terkadang menjadi masalah yang membuat sistem menjadi lambat. Secara otomatis Windows Defender bekerja dibelakang layar secara real-time untuk melakukan scanning sistem. Dari pekerjaannya itu, setiap kali Windows Defender merayapi folder-folder seperti Virtual Machine dari VMware akan menguras resource dan menyebabkan VMware kekurangan sumber dayanya.

Mengecualikan Folder VMware dari Windows Defender

Agar VMware tidak terganggu oleh Windows Defender, Anda dapat mengecualikan folder yang berkaitan dengan VMware.

Setelah folder-folder VMware dikecualikan, maka VMware akan dilewati/skip saat Windows Defender melakukan scanning.
 

3. Nonaktifkan Fitur Tak Berguna

Di VMware ada banyak sekali fitur yang harus dipahami pengguna, dan hampir semua fitur berstatus aktif secara default saat VMware dijalankan. Salah satu fiturnya adalah pendeteksi CD/DVD ROM yang sebenarnya tidak digunakan. Anda bisa menonaktifkan fitur ini untuk memperluas resource dan meringankan kerja VMware.
 

4. Sortir Software di macOS

Semua orang yang baru menggunakan MacOS di VMware penasaran dan akhirnya menginstall banyak software hanya untuk coba-coba. Tetapi, sistem MacOS yang dijalankan melalui VMware tidak direkomendasikan untuk penggunaan berat yang berlebihan mengingat sistem tersebut berjalan diatas Windows. Software yang harus Anda hindari saat menjalankan MacOS di VMware adalah software yang memiliki fitur render.

Anda dapat menyortir software-software yang sebenarnya tidak digunakan dan software yang tidak dianjurkan untuk diinstall ke MacOS di VMware.

Sesudah Anda melakukan optimasi MacOS di VMware, Anda dapat merasakan perbedaan kinerja sebelum dan sesudah di optimasi. Anda akan merasakan seperti benar-benar menggunakan MacOS yang di install pada hardisk.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.