Press "Enter" to skip to content

Cara Menghasilkan Uang dengan Facebook

Cara Menghasilkan Uang dengan Facebook

Tidak mengherankan jika banyak individu dan organisasi mencoba untuk melakukan berbagai cara menghasilkan uang dengan Facebook. Facebook yang memiliki audiens potensial begitu luas, memang sangat masuk akal untuk memperoleh keuntungan darinya. Ada lebih dari 2 miliar pengguna Facebook aktif setiap bulannya, dan 1,3 miliar aktif setiap hari.

Tetapi, bagi Anda yang baru mempelajari cara menghasilkan uang dengan Facebook mungkin sulit untuk dilakukan dalam waktu yang singkat. Itu karena faktor Facebook yang sangat luas, yang tidak memungkinkan Anda untuk menonjol dalam waktu cepat. Hal in terjadi dikarenakan Facebook yang sekarang hanya menampilkan posting pilihan di beranda pengguna. Bahkan status yang Anda buat di halaman bisnis tidak lebih dari 7% dari total pengikut yang mencapainya.

Setiap kali pengguna membuka beranda Facebook, algoritma Facebook bekerja dan melewati empat langkah utama untuk menentukan posting mana yang akan ditampilkan kepada penggua, termasuk:

  • Inventaris – algoritma Facebook memeriksa semua status terbaru yang dibagikan oleh daftar teman pengguna tersebut dan halaman yang mereka ikuti.
  • Sinyal – melihat berbagai macam indikasi berdasarkan perilaku pengguna. Ini mencakup siapa yang membuat posting, waktu rata-rata yang dihabiskan untuk melihat konten, keterlibatan dalam posting, penandaan dan komentar, seberapa informatif posting tersebut, dan banyak lagi lainnya. Sinyal sangat selektif dari sudut pandang menghasilkan uang, algoritma Facebook menimbang status dari pengguna sebagai hal yang lebih penting daripada posting halaman.
  • Prediksi – yang satu ini mencoba menebak bagaimana pengguna akan bereaksi terhadap posting tertentu, apakah pengguna akan membagikannya, mengomentarinya, membacanya, atau mengabaikannya.
  • Skor – algoritma Facebook menghasilkan Skor Relevansi untuk setiap posting berdasarkan sinyal dan prediksinya. Saat algoritma Facebook mengumpulkan informasi beranda pengguna, mereka hanya akan menampilkan postingan dengan Skor Relevansi tertinggi.

Nah, jika Anda berencana memulai menghasilkan uang dengan Facebook, persiapkanlah cukup banyak waktu untuk belajar bagaimana algoritma Facebook bekerja agar postingan Anda bisa mendapatkan lebih banyak interaksi dari audiens.
 

Cara Menghasilkan Uang dengan Facebook

1. Membangun Audiens

Alasan paling logis mengapa influencer sukses di Facebook adalah karena mereka telah melalui proses membangun audiens.

Untuk melakukan hal ini, Anda perlu mengembangkan keahlian di Facebook dengan membagikan serangkaian posting yang sangat baik, tautan, gambar, dan pembaruan yang menarik dan informatif. Untuk memastikan Anda akan benar-benar berhasil, Anda harus membangun bidang minat tertentu di mana Anda dapat diakui sebagai seorang profesional.
 

2. Saluran Penjualan yang Disarankan

Neil Patel, seorang marketing profesional telah menulis The Step-by-Step Guide to Creating a Facebook Sales Funnel. Seperti kebanyakan komentator lain, ia menekankan pentingnya membangun secara bertahap untuk penjualan di Facebook.

Neil percaya ada tujuh langkah yang diperlukan bagi Anda untuk mendapatkan uang dengan Facebook. Ketujuh langkah itu adalah:

  • Membuat berbagai kualitas konten untuk audiens setia Anda, yang telah menyatakan minat pada Anda atau produk Anda.
  • Membuat audiens serupa dari orang-orang dengan minat yang sama dengan audiens setia Anda.
  • Mempromosikan konten berkualitas tinggi ke audiens serupa.
  • Beberapa audiens serupa akan menyukai apa yang mereka lihat, dan menjadi penggemar halaman Facebook Anda. Beberapa bahkan mungkin memilih untuk langsung membeli produk Anda.
  • Menggunakan Facebook Pixel dan promosikan ulang kepada mereka yang belum membeli produk.
  • Lanjutkan pemasaran ulang kepada mereka yang masih belum berkonversi.
  • Maksimalkan konversi Anda.

 

3. Memonetisasi Konten Anda di Facebook

Ada beberapa cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memonetisasi konten di Facebook, diantaranya:

  • Iklan In-Stream – Iklan in-stream bisa membantu Anda menghasilkan uang dengan menyertakan iklan pendek sebelum atau di tengah-tengah atau dan di akhir video Anda. Facebook secara otomatis mengidentifikasi jeda alami di video Anda untuk menempatkan iklan, atau Anda dapat memilih penempatan Anda sendiri. Pendapatan Anda akan ditentukan oleh hal-hal seperti jumlah penonton video dan siapa pengiklannya.
  • Langganan Penggemar – Orang-orang yang sangat menyukai Halaman Anda bisa langsung mendanainya lalu melakukan langganan bulanan berulang yang Anda tentukan sendiri. Kenali para penggemar dengan lencana khusus yang disediakan di komentar, dan beri mereka imbalan khusus seperti konten eksklusif atau diskon.
  • Konten Bermerek – Anda dapat menghasilkan uang di Facebook dengan menerbitkan konten yang menampilkan atau dipengaruhi partner bisnis. Banyak merek/brand ingin bekerja sama dengan kreator konten dan pemirsanya. Agar lebih mudah, lebih aman, dan lebih berdampak bagi kedua pihak, Facebook membuat fitur yang bernama Pengelola Kolaborasi Merek (Brand Collabs Manager) untuk membantu Anda/kreator konten menemukan dan terhubung dengan satu sama lain.
  • Grup Pelanggan – Anda juga bisa menghasilkan uang dengan cara memelihara kelangsungan eksistensi diri Grup Pelanggan/Grup Private, yang memudahkan orang-orang untuk berinvestasi lebih lanjut dalam komunitas.

 

4. Menjadi Influencer di Facebook

Banyak influencer berjuang untuk membangun angka yang diperlukan untuk mendapatkan uang dari Facebook. Dalam situasi ini, umum bagi perusahaan untuk meminta bantuan influencer.

Influencer telah melakukan perjuangan eksta keras untuk membangun audiens. Mereka juga telah melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun otoritas dan kepercayaan. Influencer tahu bahwa mereka dapat bergabung dengan kemitraan merek, menyebarkan pesan merek dengan cara yang seharusnya tidak mungkin bagi merek. Persyaratan yang paling penting adalah bahwa merek tersebut cocok dengan minat pengikut influencer.

Influencer dapat memposting konten bersponsor kepada penggemar mereka. Selain itu, juga dapat bekerja lebih dengan berbagi afiliasi.

Mungkin solusi terbaik untuk bisnis adalah membangun halaman Facebook merek, tetapi pada saat yang sama bekerja dengan influencer untuk memulai proses adalah langkah yang tepat, dan memberikan jangkauan yang tidak dapat dicapai oleh sebagian besar merek sendirian.
 

5. Membuat dan Mengelola Grup Facebook

Sedikit nilai dalam membuat dan mengelola grup Facebook adalah melakukan penjualan.

Grup Facebook dapat sangat berguna jika Anda menjual produk informasi. Anda dapat membentuk kelompok, mendorong anggota untuk saling membantu dan berbagi gagasan. Sekali lagi Anda perlu memastikan bahwa Anda menawarkan konten yang berguna kepada anggota grup, dan seringkali Anda dapat menyarankan produk Anda sebagai solusi untuk masalah mereka.

Grup Facebook juga dapat bekerja dengan baik sebagai cabang dari aktivitas lain. Misalnya, jika produk Anda adalah kursus atau ebook, Anda dapat menjalankan Grup Facebook untuk anggota kelas Anda atau orang yang telah membeli ebook Anda.

Jika Anda memberikan pelatihan berbayar, Anda dapat menggunakan Grup Facebook sebagai tempat di mana klien Anda dapat berkumpul. Anda bahkan bisa mengoperasikannya sebagai Mastermind Group.
 

6. Berjualan dari Halaman Facebook

Banyak bisnis menemukan bahwa ini bisa jadi rumit dan membutuhkan waktu yang panjang. Tidak mudah untuk membangun Skor Relevansi yang cukup tinggi agar posting halaman Anda muncul di beranda pengikut Anda.

Oleh karena itu, untuk menghasilkan uang dengan Facebook menggunakan halaman Anda, Anda perlu membuat dan membagikan konten yang diterima dan dihargai banyak orang.

Jika Anda terlibat dalam pemasaran dengan jasa influencer Facebook, influencer Anda dapat membantu dalam hal ini. Mereka dapat menyediakan konten yang berguna dan otentik, dan mengarahkan pengikut mereka ke halaman bisnis Anda.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa iklan Facebook bertujuan meningkatkan jangkauan posting penjualan. Tapi jangan lupa untuk membangun audiens organik. Sebagian besar posting tidak dapat berorientasi pada penjualan, dikarenakan posting tersebut harus berharga dan/atau menghibur bagi audiens Anda.

Dengan beriklan di Facebook, penting untuk mengingat di mana sebagian besar pengguna Facebook berada dalam siklus pembelian. Pengguna Facebook tidak menggunakan platform dengan tujuan untuk membeli apa pun sama sekali. Ini tidak seperti beriklan di Google, di mana pembeli potensial mencari istilah untuk membantu mereka melakukan pembelian. Orang-orang datang ke Facebook untuk mengobrol dengan teman-teman mereka, bukan untuk membeli produk Anda.

Oleh karena itu, akan menjadi tanggung jawab Anda untuk membangun saluran penjualan (sales funnel). Anda tentu ingin menjangkau audiens seluas mungkin, jadi Anda harus berbagi berbagai konten yang sangat menarik. Berikan campuran tautan ke posting blog berkualitas, video, pernyataan kontroversial, infografis, dan apa pun yang menurut Anda akan menarik orang kepada Anda.

Setelah Anda membuat saluran penjualan, baik sendiri atau dengan bantuan influencer, Anda harus mulai mempromosikan konten. Perhatikan tingkat keterlibatan pada posting, dan bagikan lebih banyak jenis materi dengan keterlibatan yang paling tinggi.

Kemudian Anda harus mempertimbangkan untuk berpromosikan konten dalam iklan yang ditargetkan ke Pemirsa Serupa (Lookalike Audiences). Meskipun orang-orang ini mungkin belum pernah mendengar tentang Anda sebelumnya, mereka telah menunjukkan dari kegiatan masa lalu mereka bahwa mereka memiliki minat yang sama dengan orang-orang yang telah mengikuti Anda. Karena itu, Anda tidak boleh terlalu rumit untuk menarik audiens ini dengan konten Anda.
 

7. Menjual Barang di Facebook Marketplace

Ini tergantung pada lokasi, Anda akan melihat berbagai macam barang dan jasa untuk dijual di Facebook Marketplace, mulai dari peralatan elektronik, furnitur, hobi, kendaraan, hingga kebutuhan rumah tangga.

Anda dapat memilih wilayah geografis tempat memasarkan produk untuk dijual. Misalnya, Anda dapat mengaturnya untuk menampilkan barang untuk dijual dalam jarak tertentu dari rumah Anda.

Anda bisa mendapatkan uang dengan menjual barang-barang bekas layak pakai di Facebook Marketplace. Anda mungkin harus mengadakan negosiasi dengan orang-orang, jadi pastikan untuk mengingat harga terendah di mana Anda bersedia untuk memenjual.

Diatas adalah cara yang umum digunakan individu maupun organisasi untuk memperoleh uang dari Facebook. Selain dengan Facebook, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan online memakai cara lain, misalnya dengan Cara Menghasilkan Uang Secara Online.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.