Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Video Visualizer di HP Android

Video Visualizer

Visualizer atau visualisasi musik adalah fitur menghasilkan gambar animasi berdasarkan frekuensi musik. Visualizer biasanya dibuat dan dirender secara real-time dengan cara disinkronkan dengan musik saat dimainkan.

Untuk memastikan Anda tidak bingung, silahkan cek channel YouTube Trap Nation, yang mempopulerkan video musik dengan visualizer yang cukup baik. Channel mereka termasuk populer karena memiliki lebih dari 30jt subscriber.

Nah, jika Anda berencana membuat video musik dengan animasi visualizer seperti video-videonya Trap Nation, disini saya akan jelaskan tutorialnya. Bahkan Anda dapat membuat video visualizer di hp Android.
 

Cara Membuat Video Visualizer di HP Android

1. Download aplikasi Avee Music Player Lite di Playstore. Itu adalah aplikasi gratis dengan fitur terbatas. Anda bisa membelinya jika ingin menikmati semua fitur.

Alternatifnya, bila Anda menginginkan versi Pro secara gratis bisa menggunakan Avee Music Player Pro Unlock seperti yang saya gunakan dalam tutorial ini.

2. Setelah Avee Music Player terinstal, buka aplikasinya dan klik Library, maka Anda akan menemukan daftar lagu lokal.

Menu Avee Music Player

Pilih lagu yang ingin Anda dijadikan video musik.

3. Sesudah memilih lagu, buka menu Visualizer.

4. Pilih animasi visualizer yang Anda inginkan dengan mengklik ikon grid di sudut kanan atas layar.

Anda juga dapat menambahkan animasi visualizer dengan menggunakan template yang bisa di download dari internet, salah satunya Velosofy.

5. Klik ikon pensil untuk menyesuaikan animasi visualizernya seperti background, teks/lirik, logo, efek, kontas, dan lainnya. Jika Anda tidak perlu penyesuaian, lewati langkah ini.

Setting Visualizer

FYI: Agar lebih mirip dengani video musiknya Trap Nation, Anda bisa membuat dua buah gambar berkualitas hd. Satu gambar digunakan untuk logo ditengah visualizer dan satu gambar lagi untuk background. Canva bisa Anda andalkan untuk membuat kedua gambar tersebut.

6. Jika semua penyesuaian sudah selesai, sekarang Anda bisa menyimpan/export video tersebut dengan mengklik ikon tanda panah kebawah yang ada di pojok kanan atas layar.

Avee Music Player

PS: Proses penyimpanan video ini membutuhkan waktu yang cukup lama (tergantung dari durasi lagu yang Anda gunakan). Saat proses sedang berlangsung, jangan keluar dari aplikasi Avee atau pindah ke aplikasi lain, tunggu hingga prosesnya 100% selesai.

7. Setelah penyimpanan selesai, video yang disimpan berada di folder download dengan ektensi file MP4.

Video yang dibuat dengan Avee Music Player memiliki kualitas HD 1080p, dimana ukuran filenya pun sangat besar. Video dari musik berdurasi 30 setelah disimpan bisa berukuran lebih dari 60 MB seperti gambar dibawah ini.

Ukuran Video

Sebaiknya, sebelum menggunakan aplikasi Avee Music Player untuk membuat video musik visualizer, Anda wajib memiliki ruang penyimpanan internal yang cukup. Jika ruang penyimpanan internal minim, proses penyimpanan akan gagal dan lebih buruknya, ponsel Anda akan lag karena tidak cukup ruang untuk menyimpan video yang akan disimpan.

INFO: Setelah video selesai disimpan, lakukan kompresi video agar ukuran file video lebih kecil dan menghemat ruang penyimpanan internal hp Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Video Compress atau YouCut untuk mengecilkan ukuran file video tanpa merusak kualitasnya.

Kompres Video

Sekarang Anda bisa membuat video apapun yang dilengkapi animasi visualizer dengan Avee Music Player. Ditambah, Anda tidak memerlukan komputer dan software video editing canggih untuk membuat video musik dengan animasi visualizer.

Tertarik mencobanya?

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.