Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Email Dengan Nama Domain (Webmail)

Cara Membuat Email Dengan Nama Domain (Webmail)

Email yang dibuat menggunakan nama domain pribadi atau bisnis disebut sebagai Webmail. Webmail berguna untuk meningkatkan branding jika Anda pemilik bisnis online yang seringkali berinteraksi dengan audiens menggunakan email.

Webmail sendiri berbeda dari email pada umumnya seperti Gmail atau Yahoo karena pengguna dapat menyesuaikan profil dan kuota penyimpanan sesuai yang diinginkan.

Webmail juga tidak berkaitan samasekali dengan layanan Gmail, Yahoo, dsb, webmail berdiri sendiri di atas web hosting dan DNS domain. Jadi, pengguna webmail sepenuhnya bergantung pada web hosting dan dns domain yang dapat di kelola sepenuhnya oleh pengguna.
 

Apa keuntungan webmail?

Bagi pelaku bisnis dan organisasi, webmail sangat penting demi meningkatkan kepercayaan audiens dan promosi. Beberapa contoh alamat webmail yang sering digunakan untuk meningkatkan branding dan promosi:

Sedangkan webmail yang digunakan oleh kebanyakan organisasi termasuk:

 

Bagaimana cara membuat webmail?

Sebelum membuat webmail, Anda harus memiliki web hosting dan domain yang sudah aktif untuk digunakan sebagai protokol. Ada banyak penyedia web hosting sekaligus domain yang bisa Anda temukan di internet, Anda juga bisa membandingkan antara penyedia A, B, dan C untuk mendapatkan layanan dan harga yang sesuai.

Apabila Anda sudah memiliki web hosting dan domain, membuat webmail sangatlah mudah. Berikut ini Sogellizer.web.id jabarkan langkah-langkahnya.
 

Cara Membuat Email Dengan Nama Domain (Webmail)

 
1. Login ke kontrol panel web hosting Anda.
 

2. Klik menu Email Accounts.

Email Accounts
 

3. Buat akun webmail baru dengan klik tombol Create Account.

Buat Email

INFO: Jika Anda menggunakan kontrol panel DirectAdmin, Anda harus memilih nama domain yang ingin digunakan sebagai webmail. Perhatikan nomor 1 pada gambar diatas untuk memilih domain dari menu dropdown.
 

4. Isi semua kolom dengan teliti, terutama bagian Username karena ini yang akan menjadi alamat webmail Anda.

Buat Akun Email

Anda juga dapat mengatur berapa kuota yang diperlukan untuk webmail. Kuota ini terkait dengan kapasitas web hosting Anda. Jika web hosting Anda memiliki kapasitas 1 GB, berarti maksimal kapasitas webmailnya adalah 1024 MB atau sama dengan 1 GB.

Umumnya, 50 MB lebih dari cukup jika webmail digunakan hanya untuk kebutuhan kirim terima email sesekali, tanpa menambahkan file.
 

5. Klik tombol Create Account dan selesai.

Sekarang akun webmail Anda telah aktif, tetapi Anda perlu menyunting profil agar nama Anda bisa muncul di inbox email penerima.

Untuk melakukan penyuntingan profil webmail, Anda harus masuk ke webmail.

Buka Webmail

Selanjutnya klik pengaturan dan klik 2x pada profil Anda. Isikan nama Anda yang nantinya akan ditampilkan di inbox email penerima.

Profil Email

Sebagai permulaan dan percobaan, gunakan webmail Anda untuk mengirim email ke akun email yang sudah Anda miliki sebelumnya, boleh ke Gmail atau Yahoo. Lalu, periksa nama pengirim di email tersebut.

Gmail

Jika nama yang Anda buat sudah sesuai, maka Anda benar-benar telah berhasil membuat akun webmail. Kini Anda bisa memakainya untuk berkirim dan terima email seperti email pada umumnya.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.