Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat dan Verifikasi Paypal

Cara Membuat dan Verifikasi Paypal

Membuat dan verifikasi PayPal di zaman modern seperti sekarang bukan lagi hal yang tabu. Banyak masyarakat membutuhkan akun Paypal untuk melakukan transaksi online antar negara, misalnya membeli produk atau digital atau membayar jasa/service.
 

Apa itu Paypal?

PayPal Holdings, Inc. adalah perusahaan teknologi keuangan multinasional asal Amerika yang mengoperasikan sistem pembayaran online. Paypal didirikan pada tahun 1998 sebagai Confinity, kemudian go public melalui IPO pada tahun 2002. PayPal juga menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki eBay sejak saat itu.
 

Bagaimana cara membuat Paypal?

1. Buka Paypal.com dan klik tombol Daftar/Register.
2. Pilih jenis rekening yang ingin Anda gunakan.
3. Masukkan nomor telpon yang valid.
4. Isi semua formulir dengan benar.
5. Verifikasi email Paypal.
6. Selesai.
 

Bagaimana cara verifikasit Paypal?

1. Masuk ke akun Paypal Anda.
2. Buka menu Wallet.
3. Tambahkan Kartu Kredit atau Bank Lokal.
4. Verifikasi.
5. Selesai.

Paypal mempermudah setiap orang untuk mendaftar dan verifikasi, oleh karena itu, sistem Paypal dirancang sesederhana mungkin sehingga masyarakat yang awam pun bisa mendaftar di Paypal dengan mudah.
 

Panduan Lengkap Cara Membuat dan Verifikasi Paypal

Jika Anda masih bingung mengenai pendaftaran dan verifikasi Paypal, disini saya akan menjelaskannya lebih detail. Seimak panduan dibawah ini dengan teliti.

INFO: Siapkan identitas Anda sebelum mendaftar Paypal. Ini sangat penting mengingat Paypal sangat sensitif dengan data penggunanya. Salah satu huruf atau tanda baca di Paypal bisa menyebabkan masalah dikemudian hari.

Kunjungi situs web Paypal dan klik Daftar.

Daftar Paypal

Lakukan pendaftaran dengan memilih jenis rekening yang Anda perlukan. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Paypal untuk pribadi, pilih rekeing Personal, dan jika Anda hendak menggunakannya untuk bisnis, pilih rekening Bisnis.

Jenis Rekening

Selanjutnya pilih cara Anda menggunakan Paypal, apakah untuk pembeli online, penjual online, atau keduanya.

Jenis Akun

Ketikkan nomor telpon yang benar untuk verifikasi awal.

Verifikasi Nomor

Lanjutkan dengan mengisi formulir pendaftaran data diri sesuai identitas KTP Anda.

Terakhir adalah melakukan verifikasi email yang dikirimkan oleh Paypal ke inbox email Anda.

Sampai disini Anda sudah memiliki akun Paypal, tetapi masih belum terverifikasi atau unverified.

Untuk memnverifikasi paypal sepenuhnya, Anda perlu menghubungkan kartu kredit atau rekening bank lokal. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke Paypal dan buka menu Wallet.

Wallet

Klik tombol Hubungkan Kartu untuk memilih apa yang ingin Anda tambahkan.

Hubungkan Kartu

Pilih salah satu yang Anda miliki dan verifikasikan.

Sesudah Anda menambahkan kartu kredit atau rekening bank lokal ke akun Paypal, secara otomatis akun Anda akan berstatus terverifikasi. Status ini tidak bisa dilihat, tetapi Anda sudah bisa menggunakan semua fitur di Paypal seperti pengiriman dan penerimaan uang, belanja online di toko online luar negeri, hingga tarik dana (withdraw) paypal ke rekening bank lokal.

PENTING: Untuk verifikasi Paypal dengan bank lokal, pastikan nama Anda di akun Paypal dan di rekening bank sama. Jika berbeda, bahkan hanya satu huruf, akun Anda bisa ditangguhkan.

Sebagai bank virtual terbesar dan dipercaya seluruh dunia, Paypal memiliki sistem yang sangat ketat terhadap aktifitas Anda di situs web maupun aplikasinya. Jika Anda baru saja membuat akun Paypal, jangan melakukan login berulang kali di perangkat yang berbeda-benda. Hal ini menyebabkan kecurigaan dan akun Anda bisa diminta untuk verifikasi data lain seperti SIM, Kwitansi Tagihan Listrik, dll.

Pengalaman saya pribadi setelah menggunakan Paypal sejak 2015, akun yang sering login di perangkat berbeda, provider berbeda, dan lokasi yang berbeda di waktu yang singkat menyebabkan sistem keamanan Paypal membekukan akun secara otomatis. Tetapi, jika Anda memiliki smua data yang diminta Paypal, Anda akan aman karena setelah verifikasi selesai akun bisa diaktifkan kembali.
 

Apa yang tidak boleh saya lakukan jika baru membuat akun Paypal?

Ada beberapa aturan tidak tertulis yang sebenarnya digunakan oleh sistem Paypal untuk menjaga keamanan akun penggunanya, berikut ini hal-hal yang wajib Anda hindari apabila baru membuat akun Paypal dalam beberapa hari terakhir:

  • Jangan login diperangkat yang berbeda dari perangkat yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  • Jangan login dengan provider yang berbeda dari provider yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  • Jangan login dilokasi yang jauh dari lokasi Anda pertama kali mendaftar.
  • Jangan mengirim uang secara personal dalam jumlah yang besar (kecuali checkout).
  • Jangan menerima uang dalam jumlah besar dari akun Paypal lain (kecuali Anda menggunakan akun Paypal Bisnis).
  • Jangan mengirim uang ke akun Paypal lain tidak terverifikasi / unverified.
  • Jangan ubah data apapun di profil.

Diatas adalah hal-hal yang perlu Anda hindari saat baru memiliki akun Paypal. Setelah berbulan-bulan, Anda tidak memiliki rekam jejak yang buruk, akun Anda terbebas dari pantauan dan sudah bisa digunakan dengan normal.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.