Press "Enter" to skip to content

Cara Install WordPress Offline di localhost dengan XAMPP

Install WordPress Offline

Menginstal dan menjalankan WordPress secara offline di localhost kini bisa dilakukan dengan XAMPP. XAMPP sendiri adalah software open-source yang dikembangkan oleh Apache Friends untuk membuat server offline dan menjalankan Apache HTTP Server, MySQL Database, PHP, dan Perl di sistem operasi Windows atau Linux.

Sebagai salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan sepertiga situs web di internet, WordPress menjadi pilihan yang tepat untuk belajar membangun situs web offline. Hampir semua jenis situs web dapat dibuat dengan WordPress, termasuk: Personal Blog, Company Profile, Resume, Landing Page, News/Magazine, e-Commerce, Job Board, Booking System, Video Streaming, LMS, CRM, ERP, hingga Forum.

Banyaknya jumlah plugin dan tema yang tersedia di direktori WordPress membuat pengguna mudah untuk melakukan banyak hal. Ditambah lagi dengan dukungan pihak luar seperti artikel tutorial dan komunitas/grup diskusi yang membahas WordPress mempermudah semua orang untuk memecahkan masalah, mencari solusi, atau melakukan tweaking dengan WordPress Code Snippets. Inilah salah satu keunggulah WordPress dibandingkan CMS lainnya.

WordPress juga dipercaya dan digunakan oleh banyak organisasi besar, pemerintahan, pendidikan hingga medis untuk membangun situs web. Beberapa contoh situs web populer yang dibangun dengan WordPress adalah dell.com, zoom.us, bloomberg.com, freepik.com, news.microsoft.com, newsroom.fb.com, blog.evernote.com, dan blog pribadi pendiri WordPress, Matt Mullenweg yang beralamat di ma.tt.

Apabila Anda baru saja mengenal WordPress, dan ingin coba merasakan sensasi WordPress tetapi tidak memiliki server web/hosting online, Anda bisa menginstall WordPress offline di localhost. Disini saya akan berbagi tutorialnya dengan jelas dan lengkap beserta gambar.
 

Cara Install WordPress Offline di localhost dengan XAMPP

1. Pertama-tama download terlebih dahulu software XAMPP dan install di laptop/pc Anda.

Download XAMPP

2. Sesudah XAMPP terinstall, restart laptop/pc Anda.

3. Buka XAMPP dan jalankan tiga fitur utama XAMPP yaitu Apache, MySQL, dan FileZilla dengan mengklik tombol Start satu per satu.

Aktifkan Fitur XAMPP

Untuk memastikan XAMPP berjalan, jangan hubungkan laptop/pc Anda dengan internet. Lalu buka browser dan ketikkan localhost lalu enter. Jika Anda melihat halaman XAMPP, maka Anda telah berhasil menginstall dan menjalankannya.

4. Download source code WordPress.

Source Code WordPress

5. Letakkan file arsip source code WordPress di folder C:\xampp\htdocs\

htdocs

6. Ekstrak file arsip source code WordPress.

PS: Setelah di ekstrak, Anda akan menemukan folder baru bernama “wordpress” Anda boleh mengganti nama folder ini atau membiarkannya default.

Di tutorial ini saya mengubah nama folder menjadi “tes”.

Ekstrak Arsip

7. Ketik di address bar localhost/wordpress lalu enter. Anda akan ditampilkan halaman selamat datang di WordPress.

Selamat Dantang

8. Klik tombol Ayo untuk menlanjutkan ke proses install.

9. Sampai disini Anda akan diminta untuk memasukkan user dan password database.

Install WordPress

Untuk membuat database, caranya sangat mudah, ketikkan localhost/phpmyadmin di address bar lalu enter. Di halaman PHPMyAdmin Anda bisa membuat database/basis data baru.

PHPMyAdmin

Bagaimana dengan akun usernya? Secara default, XAMPP sudah membuatkan akun user dengan hak akses tertinggi bernama root. Jadi, untuk mempersingkat waktu Anda tidak perlu membuat akun user database.

10. Kembali ke halaman install WordPress dan isi semua kolom formuir dengan benar.

INFO: Bagian sandi/password dikosongkan jika Anda menggunakan user root.

11. Klik tombol Kirim.

12. Apabila Anda melihat pesan Ok sobat, itu pertanda koneksi ke database berhasil terhubung. Sekarang lanjutkan ke sesi terakhir untuk menginstall WordPress.

Ok Sobat

13. Disini Anda akan diminta membuat akun Admin WordPress. Isi semua kolom dengan teliti, terutama nama pengguna/username dan sandi.

Membuat Akun Admin

14. Anda sudah melakukan install WordPress offline di localhost dengan XAMPP. Anda bisa langsung masuk ke dasbor Admin WordPress.

Login WordPress

Anda juga bisa langsung mengakses beranda/homepage dari WordPress yang sudah terinstal di alamat localhost/wordpress.

Beranda WordPress

15. Selesai.

Begitulah cara install WordPress offline di localhost dengan XAMPP. Dengan WordPress offline, Anda juga bisa melakukan hal seperti yang biasa dilakukan dengan WordPress online seperti memasang plugin atau tema, membuat posting, upload gambar, dll.

Khusus untuk memasang plugin atau tema dari direktori WordPress, Anda harus menggunakan koneksi internet terlebih dahulu karena perlu pengunduhan kode sumber. Sesudah plugin atau tema terpasang, Anda bisa menggunakannya dalam mode offile.

FYI: Tidak semua plugin WordPress dapat dijalankan secara offline, beberapa plugin membutuhkan koneksi internet atau server web asli untuk dijalankan, misalnya plugin WooCommerce.

Tertarik untuk coba install WordPress offline di localhost?

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.