Press "Enter" to skip to content

Cara Install NodeJS Di Web Hosting DirectAdmin

Cara Install NodeJS

NodeJS adalah platform perangkat lunak runtime untuk lingkungan JavaScript di luar peramban web yang dibangun di atas mesin JavaScript V8. NodeJS sendiri dapat dijalankan pada sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS X.

NodeJS pertama kali dirancang oleh seorang pemrogram Amerika Ryan Lienhart Dahl, atau yang akrab dikenal Ryan Dahl. Beliau juga tak hanya menciptakan NodeJS, tetapi ada satu lagi perangkat lunak yang dihasilkan dari kecerdasannya yaitu Deno. Deno merupakan runtime untuk JavaScript, TypeScript, dan WebAssembly.

Saat pertama kali NodeJS diciptakan, Ryan memperkenalkannya untuk sistem operasi Linux pada tahun 2009. Sekarang, NodeJS telah berkembang dan semakin populer sehingga dapat dijalankan pada sistem operasi lain. NodeJS juga disponsori oleh Joyent Inc., perusahaan perangkat lunak dan layanan yang berbasis di San Francisco.

Sejak kepopuleran NodeJS yang melesat tajam dari awal perilisannya, banyak startup hingga perusahaan besar yang mengadopsi dan membangun aplikasi berbasis NodeJS. Beberapa perusahaan yang memakai NodeJS termasuk: PayPal, Netflix, eBay, GoDaddy, Medium, Uber, dan NASA.

Dengan NodeJS, pengembang JavaScript dapat menggunakan script server-side untuk memanifestasikan halaman web dinamis. Script server-side bekerja dengan menjalankan permintaan pengguna di sisi server, atau server web, bukan di sisi klien, atau browser web.

Keunggulan dari teknik script server-side ini adalah klien tidak perlu berurusan dengan waktu pemuatan yang lambat dan penggunaan CPU yang tinggi. Pengembang dapat menggunakan halaman web statis.

Script server-side dapat berguna untuk mengabaikan plugin dan teknologi browser yang sering kelebihan beban hanya dengan mengandalkan server web saja.
 

Apa Kelebihan NodeJS?

NodeJS digunakan oleh perusahaan besar yang paling populer saat ini. Dengan rekam jejak seperti itu, Anda pasti bertanya-tanya apa yang membuat NodeJS begitu diminati. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari Node.js.

Mudah
NodeJS mudah dipelajari. Meskipun Anda ingin pengembang profesional membantu Anda mengerjakan aplikasi untuk bisnis Anda, aksesibilitas memainkan peran besar mengapa pengembang memilih untuk mempelajari NodeJS sejak awal.

Penguasaan JavaScript dan pemrograman berorientasi objek sebelumnya adalah suatu keharusan. Dan itu membutuhkan pengembang berpengalaman. Tetapi setelah melampaui ambang batas itu, pengembang akan lega mengetahui bahwa mereka dapat mulai melakukan apa yang mereka lakukan dengan NodeJS.

Sederhana
Karena NodeJS adalah paradigma ‘JavaScript’, tidak perlu mengganti bahasa pemrograman antara back-end dan front-end.

Sebagian besar proyek pemrograman menggunakan 2-4 bahasa pemrograman dan apa pun yang berbeda untuk memperhitungkan berbagai kebutuhan pengembangan termasuk database, front-end, dan back-end.

NodeJS memungkinkan hanya satu bahasa untuk menjadi katalis utama (full-stack deeloper). Akhirnya, dengan NodeJS mengarah ke lebih sedikit file, lebih sedikit kode, dan secara keseluruhan lebih sedikit komplikasi.

Cepat
Aplikasi yang dibangun menggunakan NodeJS mencapai pasar dengan kecepatan yang lebih cepat daripada yang lain. Hasilnya, pemrograman di lingkungan NodeJS lebih cepat dan mudah. Hal ini mengurangi waktu yang dihabiskan dalam pengembangan dan keseluruhan waktu.

Dapat Diskalakan
Salah satu alasan NodeJS dibuat adalah untuk menawarkan alternatif yang lebih scalable untuk Apache. Oleh karena itu, skalabilitas dibangun dengan NodeJS. Perusahaan yang menggunakan NodeJS membutuhkan perangkat lunak yang dapat diskalakan untuk merencanakan pertumbuhan bisnis.

NodeJS dapat menangani beberapa koneksi bersamaan. Fitur lain yang berguna dari NodeJS adalah load balancing yang merupakan proses mendistribusikan tugas secara kompeten di antara sumber daya.

Ini terjadi ketika penyeimbang beban menerima permintaan masuk dan mengirimkannya ke server yang paling mampu memenuhinya.

Komunitas Yang Luas
Anda akan menyadari bahwa perangkat lunak gratis seringkali memiliki komunitas terbesar. Manfaat dari komunitas besar adalah banyak dukungan dan umpan balik.

Komunitas NodeJS memanfaatkan sepenuhnya status open-source, membangun alat untuk memudahkan proses pengembangan bagi semua orang.

Dari alasan-alasan diatas, tentu Anda sudah paham mengapa NodeJS menjadi sangat populer bahkan dipercaya dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Untuk mulai mengenal NodeJS, tentu saja Anda membutuhkan web hosting yang dapat menjalankan NodeJS. Banyak web hosting diluar sana yang sudah mendukung NodeJS, Sogellizer.web.id menggunakan web hosting dari Limitless dengan kontrol panel DirectAdmin dan tersedianya fitur untuk menginstall NodeJS.

Bagaimana cara install NodeJS di web hosting directadmin? Berikut ini langkah-langkahnya, perhatikan dengan cermat dan teliti.
 

Cara Install NodeJS Di Web Hosting DirectAdmin

1. Login ke web hosting Anda, kemudian cari menu Setup Node.js.

Setup App

INFO: Tidak semua penyedia web hosting menyediakan fitur untuk menginstall NodeJS.
 

2. Klik tombol Create Application yang ada di kanan atas.

Create Application
 

3. Install NodeJS dengan melengkapi formulir yang wajib diisi.

PENTING: Perhakitan tiga formulir penting yang harus Anda isi, yaitu Versi NodeJS, Application root, dan Application URL.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini.

Install NodeJS
 

4. Klik Create dan Selesai.

Sampai disini web hosting Anda akan memasang NodeJS untuk direktori application root yang Anda isi pada langkah ke tiga. Untuk memastikannya terinstall dengan semperna, akses URL Anda. Jika sudah terinstall, maka halaman akan menampilkan pesan It works! seperti gambar dibawah ini.

NodeJS Terinstall

Perlu diketahui, NodeJS menggunakan Javacsript Engine V8 milik Goolge yang menuntut Anda untuk memahami pengkodean Javascript dan yang terkait seperti HTML dan CSS.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.