Press "Enter" to skip to content

Cara Hapus Paksa File, Folder, dan Software di Windows

Cara Hapus Paksa File, Folder, dan Software di Windows

Bukan tidak mungkin jika file, folder, dan software yang ada di hardisk tidak dapat dihapus dengan cara yang biasa meskipun bukan bagian sistem Windows. Cara hapus paksa atau force delete dapat dilakukan bila Anda menemukan masalah seperti ini.

File, folder, dan software yang telah diubah permission/izinnya atau yang selalu running tanpa sepengetahuan Anda sebagai Administrator bisa terjadi, dan ini bisa dikategorikan sebagai virus atau bloatware.

Jika Anda mengalami hal ini, langkah pertama yang Anda lakukan adalah mencari tahu tentang file, folder, dan software yang tidak dapat dihapus tersebut. Anda dapat mengetikkan nama file atau folder atau software itu di Google dan mencari informasinya. Biasanya, file, folder, dan software yang tidak dapat dihapus memiliki nama yang populer di Google dan sudah ada orang yang lebih dulu mencari tahu atau membahasnya.

Tapi, jika file, folder, dan software tersebut tidak memiliki informasi apapun di Google, Anda bisa melihat kapan dan dari mana mereka masuk ke komputer Anda. Apabila mereka pendatang baru, yang bukan bagian dari sistem Windows, Anda bisa menghapusnya dengan pemaksaan tanpa khawatir.
 

Bagaimana cara hapus paksa file, folder, dan software yang tidak bisa dihapus?

Ada cara hapus paksa file, folder, dan software yang khusus ditujukan untuk menghapus yang tidak bisa dihapus, dan cara yang paling mudah ialah dengan tools pihak ketiga seperti IObit Uninstaller atau Wise Force Deleter. Download salah satu software tersebut dan install di komputer Anda.

PS: Diposting ini saya menggunakan IObit Uninstaller.
 

1. Setelah tools terinstal buka dan cari file, folder, atau software yang tidak dapat dihapus.

Contoh software yang tidak bisa dihapus:

Software Tidak Bisa Dihapusl

Software yang saya jadikan praktik ini adalah Driver WinUSB dimana kesalahan terjadi akibat penginstalan tidak sepenuhnya selesai atau saat menghapus tidak menggunakan langkah yang benar. Maka, sisa-sisa dari software yang sebagiannya telah terhapus tidak dapat dihapus seperti gambar diatas.
 

2. Pilih dan centang nama software yang ingin Anda hapus, kemudian klik tombol Copot.

Copot

Anda juga dapat menghapus keseluruhan sisa-sisa dari software termasuk pembersihan registry-nya dengan mencentang otomatis buang file sisa.

Otomatis Buang File Sisa
 

3. Klik tombol Copot lagi dan selesai.

File, folder, atau software yang tidak bisa dihapus akan dipaksa untuk dihapus.

Hapus

Penghapusan Berhasil

Selain force delete, IObit Uninstaller juga memiliki fitur lainnya termasuk mendeteksi kesehatan komputer dan menghapus ektensi browser langsung dari dasbor IObit Uninstaller tanpa harus membuka browser (fitur yang serupa dengan CCleaner).

IObit juga merilis versi lite yang lebih kecil dan ringan untuk digunakan bernama IObit Unlocker yang dapat Anda download dan gunakan gratis.

PENTING: Hati-hati saat menggunakan tools force delete karena jika Anda salah menghapus, misalnya sistem Windows, laptop atau komputer Anda bisa bermasalah.

Begitulah cara hapus paksa file, folder, atau software yang tidak bisa dihapus.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.