Press "Enter" to skip to content

Cara Atasi Situs Web Yang Terdampak Pembaruan Google 2022

Pembaruan Google 2022

Di tahun 2022 ini Google telah memperbarui core mereka sebanyak dua kali dan mempengaruhi peringkat situs web dari indeks penelusuran. Pembaruan ini dikeluhkan banyak pengelola situs web dan blogger karena dianggap menurunkan statistik dan domain yang baru didaftarkan sulit terindeks.

Ada cukup banyak masalah yang juga berkaitan dengan pembaruan Google di 2022, salah satu masalah yang tak kunjung selesai adalah sulitnya domain .id (khususnya my.id) untuk terindeks. Bahkan, domain my.id tidak dapat mengirim peta situs/sitemap di Google Search Console.

Seperti yang kita tahu, pertama kali Google melakukan pembaruan algoritme inti pada 25 Mei 2022 dan yang kedua di 12 September 2022.

FYI: Beberapa waktu lalu Google juga telah menghapus icon flash AMP. Kini, halaman standar dan AMP tampil sama di hasil penelusuran.

Jika Anda menjadi salah satu yang terkena dampak dari pembaruan Google 2022, Anda bisa coba untuk memperbaikinya dengan beberapa cara yang saya rangkum dibawah ini.
 

Cara Mengatasi Situs Web Tidak Muncul di Google

Perbarui Konten

Pembaruan algoritma inti Google di 2022 ada pada konten. Anda harus memperbaiki konten-konten di situs web atau blog dengan segera, teutama konten lama yang tidak terupdate.

Saat ini Google memfokuskan algoritma mereka ke konten yang bermanfaat dan berguna, sesuai yang diumumkan dalam laporannya.
 

Add URL dan Kirim Laporan Manual

Bila Anda sudah memperbarui konten-konten lama, tapi Google masih menampilkan konten lama Anda di SERP, cobalah untuk menggunakan Add URL versi lama.

Sesudah melakukan add url tetapi tidak ada reaksi selama 1-2 minggu, Anda masih bisa menggunakan solusi lainnya, yaitu dengan melaporkan masalah indeks dari formulir Report an Indexing Issue Form. Untuk bisa mengakses formulir ini, Anda harus sudah login ke akun Google dengan Search Console yang terverifikasi.

PS: Report an Indexing Issue Form adalah layanan yang dibuat oleh Google untuk melaporkan bug pengindeksan. Apabila Anda merasa situs web atau blog Anda dalam kondisi baik-baik saja, tetapi tidak terindeks Anda dapat melaporkannya dari formulir tersebut.
 

Periksa Kesehatan Domain

Periksalah kesehatan domain dan konten Anda dengan teliti, apakah pernah melanggar kebijakan Google. Untuk memastikannya, periksa spam score domain Anda. Spam score berfungsi untuk melihat tingkat spam domain Anda dan jika Anda pernah melanggar kebijakan intelektual (HaKI), domain Anda akan muncul di halaman Google Transparansi.

Pastikan kesehatan domain Anda dalam kondisi yang bersih. Jika terbukti spam score tinggi atau pernah melanggar HaKI, bisa dipastikan domain Anda masuk dalam daftar deindex Google, dalam arti di blacklist.
 

Domain Baru Butuh Waktu Untuk Di Indeks

Domain yang baru saja di daftarkan tidak akan langsung muncul di penelusuran Google, ini bukanlah bug atau semacamnya, tapi karena Google memerlukan waktu untuk men-crawl situs web atau blog Anda. Umumnya, domain yang baru didaftarkan mulai diindeks oleh Google dalam 3-7 hari setelah situs web atau blog online.

Anda bisa mempercepat pengindeksan dengan membuat konten orisinil yang bermanfaat dan dapat dipercaya pembaca sesuai dengan aturan baru Google E-A-T.
 

Itulah cara mengatasi situs web dan blog tidak muncul di Google. Meskipun cara ini tidak menjamin situs web atau blog Anda langsung muncul di SERP, tapi tak ada salahnya untuk dicoba.
 

Enjoy Blogging ^.^
 

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.