Press "Enter" to skip to content

Cara Agar Browser Android Tidak Membuka Aplikasi Otomatis

Cara Agar Browser Android Tidak Membuka Aplikasi Otomatis

Apakan Anda pernah merasa jengkel saat ingin mengakses situs web tapi malah dibawa masuk ke dalam aplikasi secara otomatis? Jika pernah, mungkin aplikasi tersebut memiliki fitur yang memaksa pengguna untuk berada di aplikasi daripada browsing dari browser seperti Chrome atau browser bawaan Android.

Aplikasi-aplikasi terkenal memang sudah menerapkan fitur Deep Link pada aplikasinya, jadi dimana pengguna yang mengakses link situs web dapat langsung diarahkan ke dalam aplikasi bahkan ke arah konten tertentu, dengan catatan pengguna sudah menginstal aplikasinya.

Sebagai contoh, jika Anda sudah menginstal aplikasi Tokopedia di ponsel Android, Anda mungkin tidak dapat lagi mengakses beberapa link Tokopedia dibrowser. Saat Anda mengetikkan link dan coba mengaksesnya Anda akan langsung dibawa masuk ke dalam aplikasi secara otomatis.

Hal ini diterapkan oleh Tokopedia bukan tanpa alasan, karena Tokopedia adalah e-commerce unicorn yang menyediakan fasilitas transaksi keuangan di dalamnya, maka mereka memperketat keamanannya dengan menggiring penggunanya untuk bertransaksi dari dalam aplikasi resmi, bukan dibrowser Android.

Tak hanya Tokopedia saja, Shopee dan beberapa aplikasi dengan fasilitas transaksi keuangan pun melakukan hal serupa untuk meminimalisir hal-hal tak diinginkan yang biasanya sering terjadi di browser Android.

Apakah mashih bisa mengakses di browser meskipun aplikasi sudah terinstal?

Jawabannya adalah Bisa! Anda dapat mengatur izin aplikasi agat tidak terbuka secara otomatis saat mengakses situs webnya.

Bagaimana caranya?

Simak panduan dibawah ini dengan teliti.
 

Cara Agar Browser Chrome Android Tidak Membuka Aplikasi Otomatis

1. Buka Info aplikasi dengan menekan aplikasi beberapa detik.

2. Setekah info aplikasi terbuka, cari menu Buka secara default.

3. Sampai disini Anda dapat mengatur agar aplikasi tidak terbuka secara otomatis saat Anda mengakses situs webnya.

Agar Browser Android Tidak Membuka Aplikasi Otomatis

4. Selesai.

Sekarang Anda dapat membuka linknya di browser tanpa diarahkan ke aplikasi.

PENTING: Untuk keamanan keuangan Anda sendiri, sebaiknya melakukan transaksi di dalam aplikasi. Karena dengan bertransaksi di dalam aplikasi, aktifitas dan transaksi Anda memiliki rekam jejak yang dapat dipertanggung jawabkan.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.