6 Tips Rahasia Marketing Online yang Sukses
Marketing di dunia maya jauh berbeda dengan di dunia nyata. Jika di dunia nyata seorang marketing perlu menjelaskan semua manfaat produk lengkap dengan praktik singkatnya, di dunia maya atau internet seorang marketing dituntut untuk memiliki keahlian menulis dan pengetahuan tentang psikolog.
Mengapa?
Seorang marketing yang sukses di internet dapat menulis rangkaian kata-kata yang mengandung unsur “doktrin” secara halus dimana hal itu bisa dilakukan dengan ilmu psikolog. Ajakan yang mengharuskan siapapun yang membeli bisa berupa diskon atau penawaran spesial berwaktu dan terbatas. Dengan gaya bahasa dan gambaran yang membuat pemikiran siapapun yang membaca ingin segera membeli produk yang dijual, meski tidak terlalu berguna.
Cara seperti ini banyak digunakan oleh marketing-marketing terkenal yang biasanya mempekerjakan ahli psikolog untuk mendongkrak produk dagangannya.
Di internet semua orang bisa saja tidak tertarik atau mungkin sangat tertarik dengan produk yang dijual, itu semua tergantung seberapa baik strategi marketing yang digunakannya. Dan disini kami ingin berbagi informasi mengenai 6 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses yang perlu Anda ketahui sebelum memulai untuk mempromosikan produk ke publik/internet. Berikut ini tipsnya:
6 Tips Rahasia Marketing Online yang Sukses
1. Membuat Situs Web Official
Situs web official atau website resmi adalah salah satu kunci sukses marketing online. Dengan situs web seorang marketing bisa membagikan banyak hal yang bisa membuat calon klien ingin terus membaca ulasan atau penjelasan di halaman utama situs web. Setiap kata-kata dalam penjelasan di blog atau situs web marketing sudah dirangkai sedemikian rupa, agar siapapun membaca akan terbujuk dan akhirnya mempertimbangkan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan meskipun tidak terlalu membutuhkannya.
Selain mengolah kata-kata pembujukan dengan bumbu doktrin, di situs web marketing professional juga tertera beragam gambar, video dan testimoni original yang menambah minat calon klien melihat untuk mempercayai dan membeli.
Semuanya dibungkus dengan tampilan website yang sangat menarik dan terkadang beberapa teks dibuat bold dan warna yang mencolok untuk menambah kombinasi unik. Tak lupa, di situs web marketing Anda akan menemukan foto wajah dalam ulasan bergambar atau video yang dijadikan poin penting.
Berikut ini kriteria yang seringkali diterapkan di situs web marketing:
- Video review
- Foto mockup
- Testimoni
- Tampilan website menarik
- Tombol share dan subscribe yang mencolok
- Konten teks yang sudah dirangkai
- SSL atau HTTPS untuk menambah kepercayaan calon klien
- Banyaknya metode pembayaran yang didukung
- Menampilkan keamanan yang digunakan situs web (misalnya Comodo Website Security atau McAfee for Website)
Beberapa poin diatas umumnya digunakan di setiap situs web marketing online karena memang mutlak diperlukan sebagai dasar dari kepercayaan calon klien.
2. Membuat Akun Sosial Media Terpercaya
Seorang marketing online diwajibkan memiliki akun sosmed yang kredibel. Dalam arti, akun tersebut memiliki posting yang berkualitas dan beberapa mengulas poin-poin penting dan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkannya.
Hanya membuat akun sosmed yang bisa dipercaya oleh banyak orang, Anda dapat menjual produk berkali lipat lebih mudah dibandingkan akun sosmed pribadi. Contoh akun sosmed kredibel:
- Menggunakan foto profil yang semenarik
- Menggunakan banner/foto sampul yang ideal
- Menunjukkan nomor telpon, email dan alamat situs web
- Posting/story bersifat publik
- Menunjukkan tahun pembuatan akun sosial media
- Tidak memperlihatkan pandangan pribadi seperti politik, kepercayaan, dll
- Tidak mengunggah foto, video, atau berbagi tautan sembarangan
Hal-hal tersebut membuat akun sosmed menjadi kredibel dan dipercayai oleh calon klien yang melihatnya karena dianggap cukup professional.
3. Membuat Review Video Original
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, menampilkan video review original adalah faktor penting untuk menambah kepercayaan calon klien.
Dalam video, usahakan tempat dengan suasana yang elegan dan simple. Hal ini bisa menciptakan nuansa nyaman saat calon klien menonton video Anda. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan jasa spesialis editing video untuk memastikan video review diatur lebih professional dan menjual, misalnya dari segi pencahayaan dan suara.
4. Membuat Testimoni Terpercaya
Testimoni adalah hal kecil yang sering dipertanyakan oleh calon pembeli. Untuk membuat testimoni yang bisa dipercaya ada banyak cara dan yang paling sederhana adalah menggunakan layanan pihak ke-3 untuk mengarsip testimoni. Situs web yang bisa mengarsip testimoni dan dipercaya oleh banyak orang adalah ShopperApproved dan HelpScout. Beberapa situs web e-commerce besar pun menggunakan salah satunya sebagai wadah testimoni.
5. Melakukan Promosi Berbayar
Menjadi pengiklan adalah cara singkat untuk mendongkrak popularitas brand dengan singkat yang dilakukan oleh banyak pemasar di internet. Setelah situs web rampung dibuat, seorang marketing online akan mempromosikan situs web miliknya melalui periklanan seperti AdWords karena bisa sangat menghemat waktu.
Saat ini promosi di sosial media seperti Facebook dan TikTok pilihan yang tepat bagi marketing online meningkatkan kunjungan ke situs webnya.
6. Membuat Liputan Diberbagai Situs Berita
Cara ini cukup menguras kocek jika dilakukan, tapi hasilnya sangatlah signifikan. Anda dapat membuat artikel premium/berbayar yang berisi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan di situs berita terkenal. Harga untuk nyogok penulis di situs web berita memiliki biaya yang bervariasi dan mayoritas berharga tinggi. Namun hasil dari promosi premium ini Anda bisa meningkatkan kepercayaan klien/audiens secara singkat.
6 Tips Rahasia Menjadi Marketing Online yang Sukses diatas bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan waktu cepat, Anda tetap membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk merampungkan semuanya hingga situs web Anda benar-benar siap dengan berbagai kondisi dan masuk deretan halaman pertama Google SERP.
Tips ini juga kurang cocok jika Anda tidak serius dalam menjalankan bisnis marketing online yang hanya sekedar iseng-iseng atau coba-coba mengingat perlu waktu, ide, dan biaya untuk memulainya. Tapi tips ini sangat direkomendasikan jika Anda serius memasarkan produk atau jasa dalam jangka waktu yang panjang di internet, misalnya memasarkan properti, otomotif, elektronik, dan fashion branded.
Tinggalkan Balasan