Press "Enter" to skip to content

5 OS Linux Paling Ringan

Linux Paling Ringan

Sebagai sistem operasi (OS) yang bernaung di bawah General Public License (GPL), Linux menjadi salah satu sistem operasi yang dianggap kebal dari virus dan menjadi OS terpopuler kedua di dunia setelah Windows.

Seperti perangkat lunak open source lainnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Linux sudah lama dikenal dunia sebagai sistem operasi untuk mengelola dan menjalankan server, sekarang linux telah didukung oleh lusinan perusahaan teknologi terkenal termasuk Dell, Intel, IBM, Red Hat, Oracle, Sun Microsystems, Hewlett-Packard, dan Novell.

Linux dapat digunakan sebagai OS di berbagai perangkat seperti komputer desktop, super komputer, video game, router, dan ponsel pintar. Ada ribuan aplikasi linux di repository yang tersedia untuk digunakan.

Nama Linux seniri berasal dari nama penciptanya yaitu Linus Torvalds, ia memulai pengembangan Linux pada tahun 1991. Sistem intinya berasal dari sistem operasi GNU pertama yang dibuat oleh Richard Stallman pada tahun 1983.

Pengamat teknologi meyakini pulernya Linux tidak bergantung pada vendor, melainkan biaya operasi yang rendah, kompatibilitas yang tinggi, serta keamanan dan stabilitas yang baik.

Tetapi, untuk mengoperasikan Linux pengguna perlu pengetahuan lebih dan tentunya tidak sama dengan sistem operasi Windows. Linux memiliki sistem kerja yang berbeda dari Windows, sehingga ada banyak perbedaan antara Linux dan Windows. Beruntung, di internet yang kini mudah diakses darimanapun kita dapat mencari tahu informsi mengenai cara menggunakan Linux, bisa dari YouTube, eBook, atau tutorial dari halaman web.

OS Linux yang ringan cocok untuk komputer atau laptop lawas yang memiliki spesifikasi rendah. Oleh karena itu, Linux dipandang sebagai sistem operasi terbaik sepanjang masa, dimana OSnya bisa digunakan pada perangkat jadul ataupun modern. Berbeda dengan Windows yang membutuhkan spesifikasi khusus/tinggi untuk bisa dioperasikan dengan normal.

Berbicara tentang Linux yang dapat berjalan di komputer atau laptop lawas, Sogellizer.web.id punya beberapa rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari atau ingin menggunakan Linux. Berikut ini 5 OS Linux Paling Ringan.

1. Damn Small Linux

Damn Small Linux
Damn Small Linux (DSL) mulanya dikembangkan sebagai sistem operasi eksperimen untuk melihat berapa banyak aplikasi desktop yang dapat ditampung dalam Live CD berkapasitas 50 MB.

Seiring berjalannya waktu, Damn Small Linux berkembang menjadi proyek komunitas dengan instalasi sistem aplikasi jarak jauh serta fitur sistem backup dan restore yang dapat digunakan berdampingan dengan media penyimpanan yang dapat ditulis seperti Flash disk, Hard disk, dan Floppy disk.

Damn Small Linux hanya butuh RAM sebesar 128 Mb untuk dijalankan.

Situs web: http://www.damnsmalllinux.org
 

2. Puppy Linux

Puppy Linux
Puppy Linux memungkinkan Anda melakukan banyak aktifitas di komputer atau laptop denan spesifikasi rendah. Puppy Linux berukuran sangat kecil tetapi cukup lengkap untuk digunakan sehari-hari. OS Linux yang satu ini dapat dijalankan dengan boot ke ramdisk, yang berarti semua aplikasi dimulai secara instan dan merespons perintah dengan cepat.

Puppy Linux juga bisa di boot dari media penyimpanan lain termasuk Flashdisk, CDROM, Floppy disk, dan Hard disk. Bahkan Anda dapat menggunakan beberapa sesi pada CD-RW/DVD-RW untuk menyimpan data ke CD/DVD tanpa menggunakan Hard disk sama sekali.

Puppy Linux hanya butuh RAM sebesar 256 Mb untuk dijalankan.

Situs web: https://puppylinux-woof-ce.github.io/
 

3. Linux Mint

Linux Mint
Linux Mint atau Mint adalah OS Linux berbasis Debian dengan teknologi yang disebut Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian.

Linux Mint dibuat oleh Clement Lefebvre dan secara aktif dikembangkan oleh tim Linux Mint dan komunitasnya.

Linux Mint hanya butuh RAM 512 Mb untuk dijalankan, tetapi perlu RAM 1 GB diperlukan untuk dapat menjalankan seluruh fiturnya dengan maksimal.

Situs web: https://linuxmint.com
 

4. Xubuntu

Xubuntu
Xubuntu adalah sistem operasi linux yang elegan dan mudah digunakan. Xubuntu hadir dengan antarmuka Xfce, yang paling stabil, ringan, dan dapat dikonfigurasi dengan mudah.

Xubuntu hanya butuh RAM 512 Mb untuk dijalankan, tetapi perlu RAM 1 GB diperlukan untuk dapat menjalankan seluruh fiturnya dengan maksimal.

Situs web: https://xubuntu.org
 

5. Lubuntu

Lubuntu
Lubuntu adalah varian dari Ubuntu yang termasuk OS Linux cepat, ringan, dan sumber daya yang efisien dengan antarmuka desktop LXDE (Lightweight X 11 Desktop Environment). Ini dimaksudkan untuk dapat menjalankan sistem pada komputer atau laptop dengan spesifikasi yang rendah.

Lubuntu hanya butuh RAM 640 Mb untuk dijalankan.

Situs web: https://lubuntu.me

Dari 5 OS Linux Paling Ringan diatas, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan komputer dengan RAM kurang dari 512 atau 1 GB direkomendasikan untuk memakai Damn Small Linux atau Puppy Linux, dan jika RAM Anda 2 GB disarankan menggunakan Mint, Xubuntu, atau Lubuntu.

Sekarang Anda dapat membangkitkan kembali laptop atau komputer jadul yang Anda miliki dengan salah satu dari 5 OS Linux Paling Ringan.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.