Press "Enter" to skip to content

10 Tips Membuat Toko Online Laris dan Terpercaya

10 Tips Membuat Toko Online Laris dan Terpercaya

Semakin hari semakin banyak warganet yang membuka toko online untuk mencari barang-barang yang mereka inginkan. Sayangnya, tidak semua orang mau menunjungi toko online yang belum populer karena khawatir dengan penipuan yang terjadi di sosial media seperti Facebook dan Instagram. Selain itu, minimnya opsi pembayaran yang didukung toko online juga membuat pengunjung tidak dapat berbelanja, yang pada akhirnya meninggalkan situs.

Nah jika Anda berencana membangun toko online tetapi rahu dengan hasilnya, jangan khawatir. Diartikel ini Sogellizer.web.id akan berbagi 10 tips membuat toko online laris dan terpercaya. Berikut ini tipsnya:

1. Membangun Toko Online

Jika Anda serius dengan bisnis online, jangan takut untuk mengeluarkan modal di awal. Dalam artian, Anda harus memiliki toko online yang dibangun di web hosting atau server web berkualitas tinggi. Dengan begitu Anda akan memililiki pondasi yang kokoh untuk membuat toko online yang tangguh, fitur yang cukup (terutama fitur khusus e-commerce), dan dukungan layanan yang baik.

Setelah Anda memiliki web hosting, toko online Anda harus dibangun sesuai trend teknologi dan desain web masa kini seperti: responsif, loading halaman yang cepat, dan navigasi yang mudah dipahami. Sehinga nantinya pengunjung betah berlama-lama di toko online Anda.
 

2. Optimasi Toko Online Anda

Setelah Anda memiliki toko online yang telah rampung dibuat, sekarang lakukan optimasi untuk meningkatkan popularitas di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

Jika Anda bingung dan tidak memiliki waktu untuk optimasi toko online, Anda bisa menggunakan jasa internet marketing freelance, misalnya di UPwork atau SEOclerks. Dengan menggunakan jasa freelance yang ahli dibidang optimasi. Sesudah di optimasi, toko online Anda akan mudah ditemukan di mesin pencari dan meningkatkan penjualan Anda.

INFO: Optimasi juga mempengaruhi tampilan toko online Anda, oleh karena itu jangan memasang widget, popup, atau iklan yang bisa memperlambat loading halaman dan mengganggu pandangan pengunjung ke produk di toko online Anda. Pengunjung lebih menyukai tampilan yang bersih dan jelas.
 

3. Manfaatkan Sosial Media Untuk Promosi

Selain dengan optimasi, mendatangkan pengunjung dan pembeli bisa dari sosial media. Selain itu, sosial media juga bisa meningkatkan branding toko online Anda. Agar Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk berpromosi di sosial media, Anda dapat beriklan supaya toko online Anda cepat dikenal dalam kurun waktu yang singkat.
 

4. Permudah Pembeli Untuk Membayar

Cara lain yang dapat Anda terapkan di toko online untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan banyak opsi pembayaranan. Anda dapat menambahkan metode pembayaran E-wallet lokal (OVO, DANA, LinkAja, dll) dan E-wallet Internasional seperti Paypal atau Debit/Credit Card.

Jika Anda memberikan banyak opsi pembayaranan di toko online Anda, pengunjung/calon pembeli akan merasa mudah untuk berbelanja di toko online Anda.
 

5. Kecepatan Pengiriman Pesanan

Lakukan pengiriman pesanan dengan cepat. Pembeli akan puas dan kecepatan pengiriman pesanan yang dilakukan toko online dan mereka akan kembali lagi untuk berbelanja.
 

6. Kemasan Produk yang Aman

Selain kecepatan pengiriman, Anda juga harus mengemas pesanan pembeli dengan aman, dan jika memungkinkan, buat kemasan dengan tampilan yang menarik. Ini sangat mempengaruhi reputasi toko online, khususnya bagi Anda yang menjual barang pecah belah atau barang elektronik.
 

7. Hindari Deskripsi dan Gambar Palsu

Hindari memberi deskripsi/penjelasan dan gambar produk palsu yang tidak sesuai dengan barang yang Anda jual. Pembeli tentu akan memperhatikan hal ini, dan jika ada toko online yang terbukti melakukannya, akan dianggap penipuan. Keadaan bisa semakin memburuk jika pembeli yang merasa tertipu membagikan testimoni buruk mereka ke sosial media.

Jika sampai hal ini terjadi, akan sangat mempengaruhi reputasi toko online dan tentunya ini juga tidak diharapkan semua pemilik toko online.
 

8. Harga Spesial Di Hari Libur Nasional

Mencontoh dari situs e-commerce besar, mereka selalu meberikan harga spesial untuk produk tertentu atau minimum pembelian di hari-hari besar atau libur nasional. Anda pun bisa melakukan ini agar pembeli selalu berkunjung ke toko online Anda meskipun mereka hanya untuk mengecek informasi diskon/promo.
 

9. Tunjukkan Informasi Toko Anda

Berikan informasi yang lengkap dan transparan mengenai toko online Anda, misalnya foto toko offline (jika ada), titik lokasi google map (jika ada), kontak yang bisa dihubungi, dan alamat lengkap lokasi Anda mengoperasikan toko online.

Hal ini sangat penting untuk toko online, karena pembeli yang pintar akan mengecek terlebih dahulu informasi dari toko online yang ingin digunakan transaksi.
 

10. Dukungan Dijam Kerja

Tampilkan dukungan full-time dijam kerja untuk pengunjng dan pembeli. Hal ini membuat pengunjung atau pembeli bisa menyelesaikan masalah mereka dengan cepat. Hasilnya, toko online Anda akan dipercaya.
 

Itulah 10 Tips Membuat Toko Online Laris dan Terpercaya yang dapat Anda praktikkan untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan dari pembeli.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.