Press "Enter" to skip to content

10 Situs Jual Beli NFT Terbaik

Situs Jual Beli NFT Terbaik

Jika Anda mencari atau baru saja terju ke dunia NFT, 10 situs jual beli NFT adalah pintu gerbang untuk berpartisipasi dalam pembelian dan penjualan aset digital ini. Ada beragam aset yang dapat diperdagangkan, mulai dari seni, musik, video, hingga konten virtual lainnya.

Ada puluhan situs jual beli NFT yang ada saat ini, beberapa diantaranya mungkin sudah Anda ketahui, bahkan gunakan. Apa saja situs-situs itu? Berikut ini 10 situs jual beli NFT terbaik.

Pastikan untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan pembelian dan penyimpanan Anda berdasarkan jenis NFT yang Anda cari dan mata uang kripto yang ingin Anda gunakan untuk transaksi.

1. OpenSea

OpenSea adalah pasar NFT terbesar dan paling populer yang mendukung lebih dari 150 token pembayaran yang berbeda. OpenSea memiliki semua jenis aset digital yang tersedia di platformnya. Anda dapat mendaftar secara gratis untuk menelusuri aset-aset yang diperdagangkan.

OpenSea juga mendukung fitur artis, kreator konten, dan situs web mudah digunakan. Di OpenSea Anda bisa membuat NFT Anda sendiri yang dikenal sebagai “minting”.
 

2. Rarible

Rarible adalah pasar NFT besar yang ditijukan untuk semua jenis NFT, mirip dengan OpenSea. Semua jenis seni, video, koleksi, dan musik dapat dibeli, dijual, atau dibuat langsung di platform. Namun, tidak seperti OpenSea, Anda harus menggunakan token milik Rarible untuk membeli dan menjual.

Rarible sekarang telah bermitra dengan beberapa perusahaan terkemuka, termasuk Yum! Brands, Taco Bell, dan raksasa perangkat lunak Adobe Cloud baru-baru ini juga bermitra dengan Rarible untuk membantu mengamankan karya seniman dan pembuat konten NFT.
 

3. SuperRare

Mirip dengan Rarible, SuperRare juga membangun pasar NFT untuk kreator digital. Situs ini mencakup seni, video, dan gambar 3D. Kolektor NFT dapat membeli karya seni di SuperRare menggunakan Ethereum.

SuperRare baru-baru ini mengumumkan tokennya sendiri dengan nama yang sama berdasarkan blockchain Ethereum. Token akan digunakan untuk menemukan dan mengumpulkan bakat baru untuk pasar.

Seperti Rarible, NFT SuperRare juga dapat dibeli dan dijual di OpenSea.
 

4. Axie Marketplace

Axie Marketplace adalah pasar online untuk video game Axie Infinity. Uniknya, disini Anda bisa membeli makhluk mitos bernama “Axies” yang dapat dibeli dan dilatih, lalu diadu dengan Axies pemain lain untuk mendapatkan hadiah.

Di Axie Marketplace, pemain dapat membeli Axies baru, serta seluruh tanah dan item lainnya, sebagai NFT untuk digunakan dalam game.

Token Axie Infinity disebut Axie Shards, yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Dengan demikian, token tersebut dapat dibeli dan dijual di berbagai pasar NFT lainnya, serta di beberapa pertukaran mata uang kripto seperti Coinbase.
 

5. Larva Labs

Larva Labs terkenal karena proyek NFT CryptoPunks. Awalnya CryptoPunks diberikan secara gratis pada tahun 2017, tetapi beberapa tahun kemudian CryptoPunk telah terjual jutaan dolar. Sejak saat itu, Larva Labs membuat proyek lainnya seperti Autoglyphs, serta proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain Ethereum.

Saat ini NFT CryptoPunks terjual habis, tetapi mereka dapat ditawar dan dibeli dari berbagai pasar pihak ketiga.
 

6. NBA Top Shot

NBA Top Shot adalah National Basketball Association dan Women’s National Basketball Association yang terjun ke dunia NFT. Di pasarnya, tersedia koleksi klip video, sorotan, dan karya seni lainnya yang dapat dibeli.

NBA membangun Top Shot sebagai pasar tertutup dimana Anda hanya dapat membeli dan menjual menggunakan blockchain Flow, yang dibuat oleh Dapper Labs.
 

7. Foundation

Sejak peluncurannya di awal 2021, Foundation telah menjual lebih dari $100 juta NFT. Situs web Foundation dirancang sederhana dan tanpa embel-embel untuk menawar seni digital. Disini, transaksi hanya dapat dilakukan menggunakan Ethereum.

Artis dan Kreator diundang ke platform oleh komunitas Foundation, dan pembeli hanya membutuhkan dompet kripto yang didanai dengan Ethereum untuk mulai melakukan pembelian.

PS: Jika Anda mencari cara yang cepat dan mudah untuk mulai membuat NFT Anda sendiri, Foundation mungkin bukan tempat yang cocok untuk memulai.
 

8. Nifty Gateway

Nifty Gateway telah memfasilitasi penjualan beberapa karya seni digital paling populer seperti Beeple dan musisi Grimes. Nifty Gateway adalah platform NFT Marketplace seni yang didukung oleh pertukaran kripto Gemini, yang dikendalikan oleh si kembar Winklevoss.

Selain sebagai platform yang dikuratori, Nifty Gateway juga menampung semua NFT yang dibeli, artinya NFT tidak disimpan di dompet Anda sendiri tetapi disimpan untuk Anda oleh Nifty Gateway dan Gemini.

Pembelian dan penjualan Nifty juga dapat dilakukan dalam mata uang fiat (misalnya, dolar AS) tanpa melakukan pembelian mata uang kripto terlebih dahulu.
 

9. Mintable

Mintable didukung oleh miliarder Mark Cuban, dengan tujuan untuk menjadi pasar NFT terbuka yang mirip dengan OpenSea. Untuk berpartisipasi dalam pembelian dan penjualan NFT di Mintable, Anda memerlukan Ethereum. Platform ini juga mendukung pembuatan NFT untuk semua jenis, termasuk fotografer hingga musisi yang ingin menjual karya mereka sebagai aset digital.

Kolektor atau kreator NFT yang bercita-cita tinggi perlu membeli Ethereum terlebih dahulu, kemudian menghubungkan dompet ke Mintable untuk memfasilitasi transaksi di pasar.
 

10. Theta Drop

Theta adalah platform blockchain yang dibangun untuk distribusi video dan TV yang terdesentralisasi di internet.

Pasar NFT Theta Drop memulai debutnya pada tahun 2021 dengan koleksi digital World Poker Tour. The World Poker Tour adalah pengadopsi awal ThetaTV dan menggunakan platform untuk mengalirkan konten.

Theta menggunakan teknologi blockchainnya sendiri. Untuk berpartisipasi di pasar Theta NFT, Anda harus membeli Token Theta. Berbagai pertukaran kripto seperti Binance telah mendukung Theta, dan token NFT yang dibeli dengannya dapat disimpan di dompet kripto, serta di aplikasi dompet kripto Theta sendiri.
 

Perlu diketahui bahwa NFT (Non-fungible Token) hanya mewakili kepemilikan aset. Sebelum memilih pasar NFT, Anda harus terlebih dahulu memutuskan jenis aset digital yang ingin Anda beli, jual, atau buat. Hampir semua hal digital seperti video, video game, seni, item kolektor, dll. Dapat di-token pada blockchain seperti Ethereum, jadi mempersempit minat Anda adalah cara memulai yang baik.

Sebelum mulai menggunakan salah satu pasar NFT diatas, pertimbangkan terlebih dahulu jenis token yang digunakan oleh pasar. Beberapa situs web mendukung macam-macam token, terapi ada juga yang hanya menggunakan satu atau dua jenis token. Lainnya adalah pasar tertutup dan menggunakan token kepemilikan tertentu.

Sesudah membuat akun di pasar NFT, pastikan untuk mendanai dompet blockchain Anda dengan kripto atau token yang tepat yang diperlukan untuk berpartisipasi atau transaksi. Anda juga akan diminta untuk menautkan dompet Anda ke pasar NFT setelah Anda membuat akun. Periksa juga jenis keamanan apa yang digunakan oleh pasar, dan mencari tahu sejarah pasar di masa lalu.

Jadilah Yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten diproteksi.